Tanah Daeng penuh kenangan :D

Bulan Maret tahun ini menjadi bulan yang ngga akan mudah terlupakan. Karena apa ?? Di bulan ini, Alhamdulillah Allah mengijinkanku menginjakkan kaki di tanah daeng ( Makassar ) πŸ˜€

Yap, tak pernah terpikirkan sebelumnya. Bagiku kesempatan ini adalah keberuntungan yg Allah siapkan. Berawal dri teman baikku di kelas yang bernama Dewi Lestari, dia mengajakku untuk mengikuti lomba di Makassar. Awalnya aku ragu tp melihat semangat dan kesempatan yg ngga datang 2x ini akhirnya aku mengiyakan ajakannya untuk pergi ke Makassar.

Selama kurang lebih 4 hari aku berada di sana, bertemu teman2 yg hebat2. Mereka adalah perwakilan dari universitas2 yg ada di jawa, sumatra, kalimantan dan sulawesi. Pengalaman yg tak terlupakan adalah ketika aku harus tidur sekamar dengan teman2 yg berasal dari kota yg berbeda beda. Awalnya ragu, tp ternyata Allah titipkan ilmu lewat mereka untukku. Ilmu apa ??
Allah tahu kalau aku sedang membutuhkan suplemen tentang perbaikan diri, maka dari itu Allah titipkan adek unyu dari Gorontalo yg bagitu anggun cantik dan kesolehannya yg membuatku kagum pada saat pertama kali mengenalnya. Namanya Meldi. Ilmu agamanya sudah jauh dari cukup dibandingkan aku. Sholatnya selalu tepat waktu, dan satu lagi dia tidak segan2 mengingatkan saudara2 perempuannya ketika di kamar melakukan kesalahan. Dia peringatkan berdasarkan dalil yg ada. Uuuh.. dia sesuatu sekali. Hehe
Dia hobi bgt nyetrika dan bersih2 klo di kamar. Hehe
Temenku yg satu lagi dari Malang. Namanya firda, dia baik manis pokoknya dia kyak malaikat kamarku klo ada yg lagi butuh pertolongan. Hehe
Temenku yg satu lagi namanya Annisa. Dari pertama kali kenalan udah ketahuan bgt dia orangnya ramah dan pinter. Dan ternyataaaaa… bener bgt dia super ramah dan kepintarannya ngga diragukan lagi. Dia berasal dari Jakarta. Dia juga dapet gelar debater terbaik dalam kejuaraan debat nasional kemarin. Dan hal yg sampai sekarang ngga bisa aku lupakan adalah dia sangat gemar mengaji. Yap mengaji. Kemana mana bawa Alquran. Waktu luangnya dia lakukan untuk mengaji. Sempet kaget ketika disalah satu acara dia memilih mengaji di salah mushola gedung karena alasan pematerinya ngga jelas bahas apa .. ahaha ( emang bener bgt itu ) πŸ˜€
Dia juga bgt sholat sunnah. Pokoknya dia itu sesuatu sekali deh.
Sebenarnya ada satu lagi temenku yg sekamar, tp dia jarang bareng di dalam kamar. Dia lebih sering berkumpul dengan teman2 dari daerah asalnya. Yaitu Kalimantan. Tepatnya daerah Samarinda. Namanya esti. Dia juga baik bgt orangnya πŸ™‚

Pokoknya pengalaman2 di Makassar itu susah di lupakan. Apalagi dari awal sudah bertemu orang2 yg baik dari Padang. Ada kak fitri, dek miza dan vira. Mereka pokoknya T O P B G T deh klo soal lagi kumpul2. Banyak yg ingin aku ceritakan tentang pengalamanku di kota daeng. Mungkin kapan2 tak sambung lagi deh..hehe

Iklan

Apa yang aku tunggu.

β€œMenunggu bukan pekerjaan sabar atau tidak sabar. Menunggu adalah pekerjaan bermanfaat atau tidak bermanfaat.

Menunggu bukan pekerjaan setia atau tidak setia. Menunggu adalah pekerjaan awal dan akhir prosesnya.

Siapa yang mengerti, akan berakhir dengan pribadi lebih baik,
meskipun yang dia tunggu tidak pernah datang kembali.”

β€” Tere Liye

Begitulah sepenggal kalimat dari Bang Tere. Bagiku kalimatnya sesuai sekali dengan keadaanku sekarang. InsyaAllah sekarang sedang dalam proses memperbaiki diri. Mengharap cinta yang Allah ridhoi. Mengharapkan orang mencintaiku karenaNya bukan karena yang lain. Sebenarnya perbaikan diri ini awalnya bukan untuk ini , tapi lebih untuk lebih dekat sama pemilik hidup lebih cinta sama pemilik hidup. Karena aku merasa selama ini dosaku begitu munjulang tinggi. mungkin lautan yang ada di bumi belum bisa menandingi semua dosa – dosaku.Astaghfirulloh πŸ˜₯

Berbicara soal jomblo dan pacaran sangat sensitif banget sama kehidupan sekarang. Entahlah teman – teman suka sekali godain tentang 2 hal itu. Yang katanya sekarang aku sok jual mahal, sok alim, sok suci ngga mw pacaran. dll..Tapi biarlah berarti kan mereka perhatian, sampai-sampai kejombloan temannya dibahas terus .. ahaha πŸ˜€

Kata teman – teman aku tipe yang susah ditebak perasaannya..( penasaran ya ) ahaha. Ya begitulah aku sekarang, aku sedang belajar untuk fokus pada tujuanku yaitu mendapat keridhoan baik di dunia dan di akherat. Berharap mendapat ampunan atas segala dosa selama ini. Soal jodoh Allah sudah pilihkan yang terbaik, karena dia baik menurut Allah pasti akan datang juga di waktu yang tepat dan baik menurut Allah. Aku hanya bisa terus memperbaiki diri agar kelak orang yang aku cintai dicintai Allah juga. Amiin πŸ™‚

Entah untuk seseorang di masa lalu atau seseorang yang masih dirahasiakanNya, hanya satu yang ku minta semoga dia mampu menyempurnakan agamaku membimbingku dalam mencintaiNya dan bersama – sama menuju surgaNya.

Galau di masa sekarang hanya akan membuang waktu saja, karena bagiku tanpa pacaran pun kita masih paat hidup dan mendapat perhatian dan kasih sayang. Baik dari orangtua, teman – teman, keluarga, dan pastinya yang selalu setia setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik menemani, Dialah Allah SWT. Dia yang setia menyemangati dan menuntunku penuh kepastian agar aku selalu belajar dan belajar. Jadi mulai sekarang insyaAllah, Jomblo sampai halal . Jatuh cintanya diam – diam saja. Hanya kamu dan Allah yang tw..hihi πŸ˜€ πŸ˜€

1618564_510828805704576_273463356_n

Liburan oh liburaaaan

Mungkin sebagian teman2 kampus lainΒ  udah masuk kuliah dari bulan kemarin. Tapi di kampusku( universitas PGRI Semarang ) malah masih liburan semster. Ahaha..biasalah luar negeri πŸ˜€

Liburan itu moment2 yang paling ditnggu anak kos. apalagi libur panjang selama 1 bulan mameeen.. Pasti udah ada yg pengin liburan bareng temen2 ke pantai ke pegunungan, muncak dan yang paling wajib adalah pulang kampuuuuuung.. ya kan ya kan .

Tapi sepertinya liburan kali ini harus dilalui dengan begitu sabar oleh sebagian orang. Beberapa teman lagi pada sibuk ngurusi mata kuliah PPL 1 yang diadakan seminggu sekali. Entah bagaimana ceritanya kelasku malah libur 2 minggu. Alhasil mereka pada pulang kampung. Ada juga temanku yg lagi sibuk ngurusin remidial. Ngga cuma teman2ku dari jurusan lain juga banyak yg lagi ngurusin remidial. Hal tersebut membuat kampusku ramai dari hari ke hari. Harusnya sih liburan tapi pada kenyataanya ngga liburan. Haha

Sebagian teman2 mungkin sudah bosen di rumah, tapi aku mulai bosen di sini. Pengin pulang tapi tak ada usaha untuk pulang. Sok sibuk dngan agenda kampus. Entahlah.
hari berganti hari, tak terasa liburan kami tinggal 1 minggu.
Awal liburan ada kegiatan KMD di kampus. Itu untuk jurusan PGSD. Waktunya berlangsung selama 2 minggu. Alhamdulillah semua lancar πŸ˜€

image

Setelah KMD mulai ada kegiatan dri organisasi. Selain itu mulai ngisi2 jadwal kuliah semester baru. Dan mulai mengikuti makul perdana PPL 1 guys. Ahaha

Pokoknya bagiku liburan kali ini berbeda, walaupun blm sempat pulang ke rumah tapi setidaknya disini bisa ikut membantu dan berpartisipasi dengan orang lain. Orangtuaku juga ngga melarang, yang penting selalu jaga amanah dan ngga nganggur di kos.

akhirnya setelah liburanku akan segera usai kabar baik datang, aku bisa pulang kampung setelah hampir 3,5 bulan ngga pulang. Ahaha
Allah itu Maha Segala – galanya. Segala yang terjadi pasti sudah Dia rencanakan dengan baik. Termasuk liburanku. Mungkin liburan teman2 juga. Semoga liburan kali ini membawa dampak positif bagiku dan teman2 yang lain untuk menghadapi semster baru. Amin πŸ™‚

image

Selamat liburan teman2, jangan lupa bawa oleh2 pas datang ke semrang lagi πŸ˜€

Mereka saja bisa, mengapa aku tidak :D

jika memang mereka saja bisa

aku pun pasti bisa
semua butuh proses dalam memperbaiki diri
memantaskan diri di hadapan Allah
mencari keridhoan dariNya
berubahnya diniatkan semata-mata karena Allah semata
melatih hati agar senantiasa merindukan kehadiranNya disetiap helaan nafas yang tersisa
jika rasa malas dan godaan lain melanda ingatlah hari akhir yang akan datang
ingatlah bahwa kematian begitu dekat dengan kita
lebih dekat dari kedekatan kita dengan jodoh
teruslah memperbaiki diri
teruslah berkumpul dengan orang-orang yang shaleh
mencari ilmu terbaik dari sisiNya
semoga Allah senantiasa meridhoi setiap langkah yang kau jalani
biarkan mereka mencibir
biarkan mereka menganggapmu sok ‘alim’
yakinlah Allah tak pernah sedetik pun meninggalkanmu
karena Dia begitu sangat mencintai umatNya
Dia pula yang slalu menguatkan kita di kala manusia yang lain menganggap kita lemah
*Ya Allah bantulah aku untuk selalu mengingatMu, bantulah aku agar selalu mensyukuri segala nikmatMu, bantulah pula aku dalam memperbaiki ibadahku. Ajarilah aku agar selalu mencintaiMu, mencintai semua orang yang mencintaiMu. beri aku kekuatan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menjalani proses ini…amin πŸ™‚

Perubahan ini …

Berubah itu butuh proses

proses itu butuh waktu..

Alhamdulillah masih diberi kehidupan hingga detik ini. Dari kemarin sempet off menulis gara ” sok sibuk ” kemana – mana ngurusin yang lain. Astaghfirulloh.

Ngga terasa sudah semester tua aja ini ( semester 6 ) hahaha. Banyak sekali hal – hal yang sudah terlewati hampir 2,5 tahun disini. Awal masuk kuliah cuma modal berani tanya sampai akhirnya sekarang banyak tanya ( dibilang cerewet sama temen2 hehe ). Tapi beginilah saya. Orang yang sedang belajar memperbaiki diri yang sok sibuk dengan rutinitas kampus. Namun akhir – akhir ini suka kepikiran ” kenapa saya bisa begini ?”

Tadi malam temen sekelas saya ngga sengaja numpang tidur di kosan. Pas mau beli makan tiba2 terjadi percakapan sebagai berikut

P : ” kenapa kamu liatin akunya seperti itu sa ?”

E : ” kamu ngga pernah pake celana ya put, jeans gitu. Mesti pake rok terus apa ? ”

P : ” ngga tw sa, udah nyaman begini, aku juga ngga tw sejak kapan aku jadi suka pake rok. pernah sih pake celana tapi celana trening.. hehe ”

E : ” yaΒ mbokanΒ sekali – kali pake celana panjang ato jeans gitu pas mw main. Itu kayak temenmu yang lain kan juga pake jeansΒ nekΒ main, ya walaupun pas kuliah kayak kamu pake rok terus. ”

P : “tuuh ( menunjuk gantungan pakaian ). itu celana jeans satu2nya pnyaku sa. pernah mw dipake tiba2 ngga nyaman pas mw keluar akhirnya ngga jadi dipke dan aku gantungin terus.”

E : ” lah kenapa ?”

P : ” ngga tw sa, ngga nyaman aja. aku mah nek pake pakaian yang penting nyaman sopan dan bersih. ya kadang suka dibilang kuno dan rada gmna. tp itu kan penilaian orang lain, aku mah yang penting nyaman. hehe. aku juga pengin pake celana tapi mungkin yang kain aja ”

E : ” oalah, ya udah deh put terserah kamu πŸ˜€ ”

nb : E = erisa P = puput

Ngga cuma dia yang tanya soal penampilan ini, tapi temen2 yang lain juga ngga mw kalah ngasih pertanyaan. Saya memang dalam tahap perubahan. Dan ternyata perubahan dalam diri saya berdampak pada penampilan sehari – hari saya. Awalnya sering banget dapet kritik tapi sebagian juga mendukung dengan perubahan ini. Kritikannya macem2 ada yang bilang jadi keliatan tua klo krudungnya besar, keliatan tambah kecil karena krudungnya besar. sok suci gara2 ngga mw salaman sama laki2. Banyak sekali bumbu-bumbu pemanis perubahan ini. Tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu, mereka mw dan mulai mengerti dengan perubahan ini. Mereka mulai paham dengan tujuan saya berubah.

Semua yang terjadi sampai detik ini saya yakin ini sudah menjadi rencanaNya. Masalah yang pernah saya alami, menjadi cambuk terbesar untuk saya mulai memperbaiki diri. Kegagalan bukan akhir dari segalanya, tapi dari kegagalan kita bisa belajar segalanya untuk lebih baik lagi.

” Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah apa yang ada pada jiwa mereka ” ( Ar Radu : 11 )

Lakukanlah perubahan sebelum waktumu habis :’)10303444_935358513147291_9176488417554496346_n

ta

RAMAYANA β€œ Anoman Obong β€œ Versi kelas 4J PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Gambar

Dikisahkan… perjalanan Sri Rama mencari temannya bernama Sinta yang dibawa pergi oleh Rahwana. Rahwana meminta bantuan kepada sahabatnya di kerajaan Kiskenda untuk membantu mencari Sinta. Sahabatnya bernama Sugriwa. Sebagai sahabat, Sugriwa pun bersedia membantu Rama dia mengutus Anoman Si Kera Putih yang sakti.

Rama : β€œ hai sahabatku.. apa kabarmu ?”

Sugriwa : β€œ kabarku sedang tidak baik. Aku sedang flu dan sedikit meriang, kamu sendiri bagaimana? Nampaknya dirimu juga sedang tidak sehat teman. Mukamu pucat lesu seperti mayat hidup”

Rama : β€œ kau ini suka bercanda teman, keadaanku sedang tidak enak akhir2 ini, tahu sendiri kan sabahat kita Sinta tak kunjung pulang setelah di culik si Rahwana. Aku sepi sekali kalau tidak ada dia. Dia kan yang suka memberi makan kambing2 ku.”

Sugriwa : β€œ oh ya aku tahu akan hal itu. Kasian sekali kambingmu..Eh maksudku kasian sekali Sinta. Sudah lama sekali kita tak bertemu. Kau yang beruntung bisa satu kerajaan dengannya sementara aku tinggal jauh dari kalian. β€œ

Rama : β€œ Oleh karena itu Sugriwa aku datang kesini ingin meminta bantuan darimu untuk mencari Sinta. Kau kan juga banyak teman disini yang sakti. Siapa tahu bisa dengan cepat menemukannya. Bagaimana kawan ?”

Sugriwa : β€œ baiklah Rama dengan senang hati aku akan membantumu. Tapi sebelumnya aku ingin memberikan hiburan dulu padamu. Ya anggap aja sebagai ucapanΒ  selamat datang dariku. Karena kita sudah lama tak bertemu. β€œ

Rama : β€œ hiburan apa sugriwa ?? apa disini ada pertunjukkan topeng monyet atau parade kambing tingkat kerajaan ?”

Sugriwa : β€œ haduh kamu selalu memikirkan kambing Rama. Bukan itu hiburannya. Kamu liat saja, kamu pasti terhibur dan akan sedikit mengobati rasa sedih dan kangenmu dengan sinta β€œ

Rama : β€œ Baiklah β€œ ( lagu Cing cang keling masuk )

Sugriwa : β€œ Bagaimana Rama pertunjukkannya? Apakah kau suka ?”

Rama : β€œ Wah aku sangat suka Sugriwa. Kau memang teman yang baik, selalu berusaha menghibur teman yang sedang sedih.”

Sugriwa : β€œ begitulah gunanya teman Rama. Oh ya akan aku panggil temanku yang sakti. Dia pernah menjuarai berbagai lomba hingga tingkat nasional. Pandai sekali tapi tidak sombong. Dia amat suka dengan buah pisang. β€œ

Rama : β€œ oh ya? Siapa dia Sugriwa ?

Sugriwa : β€œ Iya Rama. Katanya pisang itu baik untuk pencernaan apalagi untuk anak – anak yang dalam pertumbuhan.. hahaha. Namanya Anoman ( kemudian Sugriwa memanggil Anoman )”

Anoman : β€œ Ada apa Sugriwa ? ada perlu apa kau memangggilku ? Apakah kau ingin memakan buah pisang lagi bersamaku ?”

Sugriwa : β€œhahaha.. tidak Noman, aku sudah kenyang. Aku ingin memperkenalkanmu dengan teman lamaku Rama. Dia sedang dalam kesusahan. ( memandang Rama ) Rama perkenalkan ini temanku Anoman. β€œ

( Anoman dan Rama saling bersalaman )

Rama : β€œ wah gagah sekali kamu Noman, ramah pula dengan orang lain .”

Anoman : β€œ terimakasih Rama kau juga gagah sekali pantas sekali kalau berteman dengan Sugriwa. Kalian seperti kakak beradik. β€œ

Sugriwa dan Rama : β€œ hahaha β€œ

Sugriwa : β€œ kau bisa saja Anoman, langsung saja ya, begini Noman Rama kesini ingin meminta bantuan untuk mencari teman nya si Sinta. Aku ingin sekali membantunya. Tapi aku sedang sakit, oleh sebab itu aku minta bantuan darimu. Kau Β kan pandai dalam hal mencari – cari. Bagaimana ?”

Anoman : β€œ oalah, baiklah Sugriwa aku akan menggantikanmu. Kamu istirahat dulu saja biar Rama menemanimu disini. ( Memandang Rama ). Bagaimana Rama apakah kau mau menemani Sugriwa yang sedang sakit ini ?”

Rama : β€œ Oh tentu Anoman, aku sangat mau menemani Sugriwa. Jika kau memang ingin membantu mencari Sinta, bawalah anak kambing ini. Ini tanda bukti agar Sinta mengetahui kalau kau juga temanku dan utusanku untuk menjemputnya pulang. β€œ

Anoman : β€œ baiklah Rama. Akan aku jaga anak kambing ini sampai aku bertemu Sinta. Dan kau Sugriwa ( memandang Sugriwa ) cepat sembuh ya teman.

Sugriwa : β€œ iya Anoman, jaga dirimu baik2. Hati2 bawa bekal pisang yang banyak jika perlu. β€œ

Dengan gagah berani Anoman pergi menjelajah menembusi hutan mencari jejak serta petunjuk dimanakah Sinta berada. Β Ketika beberapa lama kemudian Anoman Β bertemu dengan Garuda Sempati seekor raksasa yang berwujud burung tanpa bersayap, kakak dari Garuda Jatayu yang telah tewas ketika berusaha menolong Sinta saat diculik Rahwana. Garuda Sempati memberikan petunjuk bahwa Sinta tengah ditawan di Kerajaan Alengka. Anoman pun langsung bergegas menapaki hutan menuju ke Alengka.

Anoman : β€œ wah bekalku habis, ini tinggal satu tapi sepertinya perjalananku masih jauh. Bagaimana ini ? Ini anak kambingnya juga belum dapat rumput dari tadi. β€œ

( tiba – tiba seekor burung Garuda Sempati datang )

( lagu manuk dadali masuk )

Anoman : β€œ siapa kau ?”

Garuda Sempati : β€œ aku garuda Sempati kakak dari garuda Jatayu. Kau pasti teman dari Rama kan ? yang sedang mencari Sinta ?”

Anoman : β€œ iya benar sekali, bagaimana kamu bisa tahu ? β€œ

Garuda Sempati : β€œ aku tahu dari anak kambing yang kamu bawa. Rama Sinta dulu suka sekali memelihara kambing. Dan yang kau bawa adalah kambing kesukaan Rama dan Sinta. Benarkan ? siapa kau ?”

Anoman : β€œ Oh ya kamu benar sekali. Perkenalkan Sempati namaku Anoman. β€œ

Garuda Sempati : β€œ Noman, akan aku panggil kau Noman. Hahaha. β€œ

Anoman : β€œ iya tak apalah kau memanggilku Noman, oh ya apakah kau punya petunjuk jalan dimana Sinta sekarang ?”

Garuda Sempati : β€œ Oh ya sekarang Sinta ada di Alengka. Hati – hatilah kau disana karena adikku Jatayu terbunuh ketika berusaha menyelamatkan Sinta dari cengkraman Rahwana. Rahwana itu sangat jahat dan sakti. Dia juga punya teman yang sangat jahat dan suka jail. β€œ

Anoman : β€œ baik Sempati aku akan hati2, terimakasih untuk petunjuknya. Semoga aku bisa menemukannya dan membawa Sinta pulang kembali. β€œ

G. Sempati : β€œ Iya Noman, sama – sama. β€œ ( kemudian pergi )

Di sebuah taman Alengka, tampaklah sesosok perempuan nan cantik jelita. Pancaran indah dari paras ayunya telah membuat semua bunga-bunga yang tumbuh di taman Argasoka, tertunduk malu kehilangan pamornya. Perempuan itu adalah Sinta, yang kini sedang larut termenung dalam kesedihannya. Dia sangat merindukan kampung halamannya dan juga merindukan teman baiknya Rama. Di alengka dia mendapat 2 teman baru yang setia mendengarkan suka duka nya. Teman barunya bernama Rina dan Rani

Rina : β€œ sudahlah Sinta jangan bersedih terus. β€œ

Rani : β€œ iya Sinta, kau akan lebih cantik jika tersenyum. Lihatlah bunga – bunga juga iri dengan kecantikanmu. β€œ

Sinta : β€œ bagaimana aku bisa tersenyum ? aku sangat merindukan teman baikku Rama. Dia selalu menemaniku ketika menggembala kambing. Dia baik dan selalu memperhatikanku. β€œ

Rani : β€œ bukankah disini juga banyak yang memperhatikanmu Sinta ? kan ada aku dan Rina yang siap menemanimu di kala suka maupun duka. Iya ngga Rina ? β€œ

Rina : β€œ iya ran, Sinta kan teman baik kita β€œ

Sinta ; β€œ terimakasih ya, kalian memang temanku yang baik. Tapi bukan itu saja yang aku rindukan. Aku rindu suasana rumah, aku rindu ayah dan ibu di rumah aku rindu kampung halamanku ( lagu Kampuang nan jaoh di mato masuk )

Rina : β€œ sudahlah Sinta jangan bersedih lagi ya. Aku yakin suatu hari kamu pasti bisa pulang .”

Rani : β€œ iya Sinta, ayo kita jalan2. Kita lihat taman di balik pohon besar itu. β€œ

Dari balik pohon-pohon besar yang tumbuh di taman Argasoka, tiba-tiba muncullah seekor kera putih yang berloncatan lincah menuju ke arah Sinta. Sinta dan temannya ketakutan. Ketika Anoman menunjukan anak kambing yang di bawanya sinta akhirnya tahu bahwa Kera putih itu utusan Rama untuk menjemputnya.

Rina dan Rani : β€œ siapa kau hai manusia berbulu ? β€œ

Anoman : β€œ jangan panggil aku manusia berbulu. Panggil aku Anoman si kera putih yang sakti. Aku akan siap menolong siapa saja yang membutuhkan .”

Rina : β€œ apa tujuanmu datang kesini Anom ? β€œ

Anoman : β€œ haha.. lucu sekali nama panggilan itu. Tapi tak apalah. Aku datang kesini ingin menjemput Sinta, teman Rama yang sudah lama tidak pulang. β€œ

Sinta : β€œ kau utusan Rama ? mana mungkin Rama berteman dengan kau ? β€œ

Anoman : β€œ jangan berkata seperti itu Sinta, Aku memang berbulu dan mungkin terlihat aneh. Tapi Rama orang yang baik dia mau berteman denganku. Tidak melihatku dari bagaimana keadaan fisikku. Malah dia mempercayaiku untuk menjemputmu .”

Rani : β€œ jangan mudah percaya pada Anom, Sinta. Bisa saja dia berbohong. β€œ

Sinta : β€œ Iya Rani, tapi aku ingin dulu bukti kalau dia benar – benar teman dari Rama dan berniat mengutusnya untuk menjemputku. ( Sinta langsung mengarahkan pandangannya pada Anoman ) Rama memang orang yang baik Anoman. Dia tak pernah pilih2 dalam berteman. Tapi aku ingin bukti kalau kamu memang Β teman dari Rama. β€œ

Anoman : β€œ baiklah Sinta. Akan aku tunjukkan kalau Rama telah mengutusku untuk menjemputmu. Lihatlah ini ( menunjukkan anak kambing yang dia bawa ) bukankah ini yang suka kalian gembalakan bersama Sinta. Ini anak kambing titipan Rama ( Lagu anak kambing saya masuk )

Sinta : β€œ iya aku sekarang percaya kau memang utusan Rama. Ayo sekarang bawa aku pulang Noman sebelum Rahwana tahu kau ada disini. β€œ

Rani dan Rina : β€œ Trus kami bagaimana Sinta ? Kami akan sangat merindukanmu kalau kamu pergi . β€œ

Sinta : β€œ jangan khawatir Rina Rani kalian tak akan aku lupakan, kalian bisa main ke kampung halamanku. Akan ku perkenalkan dengan Rama temanku itu. β€œ

Rani ; β€œ baiklah Sinta. β€œ

Anoman : β€œ ayo pergi sinta !!” 

Sinta, Rani dan Rina saling berpelukan.

Pertemuan antara Anoman dan Sinta ternyata diketahui oleh Rahwana. Rahwana pun terbakar angkara murka, amarahnya meledak-ledak tak terkendali, tak ingin begitu saja melepaskan Sinta dari cengkeramannya. Rahwana segera memerintahkan 2 temannya yang sakti untuk menangkap Anoman.

Pertempuran pun tak terelakkan antara pasukan raksasa melawan Anoman. Mereka bertarung dengan bermain tebak – tebakkan tentang kebudayaan Nusantara. Anoman yang pandai selalu berhasil mengalahkan 2 teman Rahwana. Dua teman Rahwana bernama Harto dan Karno. Namun tiba2 Karno mengeluarkan pisang dari balik bajunya. Dan akhirnya Anoman berhasil di kalahkan karena dia memang sangat lapar setelah beberapa hari tidak makan. Anoman akhirnya berhasil di tangkap.

Harto : β€œ Hai Anoman, apakah kau tahu darimana Lagu Si Jali – Jali berasal ? β€œ

Anoman : β€œ tentu aku tahu harto, itu berasal dari Jakarta. Haha. Sekarang giliranku. Apakah kalian tahu baju adat dari daerah Sumatra Barat ?”

Harto : β€œ ah mudah itu. Namanya baju adat kemben. iya kan ? β€œ

Karno : β€œ bukan2 itu namanya kebaya bercindung .. iya kan ?”

Anoman : β€œ hahaha.. masih salah. Kalian ini masa ngga tahu?β€œ

Harto : β€œ kami tahu Noman tapi kami lupa. β€œ

Anoman : β€œ alah banyak alasan kamu. Jawabannya adalah Batu Sangkar. Dari tadi kalian salah terus. Makanya jangan malas belajar ya, mentang2 udah sakti. β€œ

Karno : β€œ jangan sok pintar kamu Anoman. Sekarang giliran kami ngasih pertanyaan ke kamu. β€œ

Anoman : β€œ Baik akan aku jawab kalau bisa.”

Karno dan Harto : β€œ coba kamu sebutkan nama baju adat dari Sulawesi Tenggara beserta tarian dan rumah adatnya ? hahaha .”

Anoman : β€œ eeeem ( mikir )… tariannya Balumpa ( buton ) rumah adatnya rumah istana buton.. tapi bajunya.. eemmm.. ( mikir )

Karno : β€œ sudah lah Noman menyerah saja, kau kan lapar mending makan ini ( menunjukkan pisang dari balik bajunya ) ( lagu ampar2 pisang masuk )

Anoman mencoba menahan godaan itu dengan terus berpikir. Tapi rupanya perutnya sudah tidak bisa bernegosiasikan lagi. Saat dia mencoba mau menjawab tiba – tiba…..

Anoman : β€œ aku tahuu.. jawabannya babung Ginaaaaaasaamaannnn ( karena sudah tak tahan dengan pisang yang di bawa Karno Anoman pun merebut pisangnya. Anoman pun akhirnya berhasil di tangkap setelah mendekat ke Karno dan Harto )

Sinta dan 2 temannya masuk kembali ke istana. Sinta gagal pulang. Anoman di bawa ke alun – alun untuk di bakar. Rahwana sangat senang karena dapat menangkap Anoman. Dia berniat mengadakan pesta kemenangan dia mengundang teman – temannya. Dan berbagai tari – tarian kemenangan di pertunjukkan.

Rahwana : β€œ hai kawan – kawanku lihatlah Anoman si kera putih telah berhasil aku tangkap. Dia berusaha membawa Sinta dari Alengka. Sebagai hukumannya karena berniat mengambil sinta tanpa seijinku aku akan membakarnya. Sambil membakarnya kita akan menyaksikan tarian kemenangan dariku. Hahhahaha β€œ

( Tarian Yanko masuk )

Namun yang terjadi api itu tidak membakar Anoman. Anoman berhasil kabur dari kobaran api. Dengan kepandaiannya dia berhasil membumi hanguskan Alengka. Teman – teman Rahwana ketakutan ketika api menyambar – nyambar. Rahwana pun ikut ketakutan dan akhirnya meninggal karena terbakar.

Anoman : β€œ kalian tidak akan bisa membakar ku β€œ

Rahwana : β€œ bagaimana mungkin api tak bisa membakarmu Anoman ? bukankah bulumu mudah terbakar ? β€œ

Anoman : β€œ iya benar sekali Rahwana, tapi kamu tidak tahu kalau aku sudah berganti pakaian dengan pakaian anti api ini sebelum di bawa ke alun – alun. Hahaha”

Rahwana : β€œ Apaa!!! Mana mungkin Anoman .β€œ

Anoman : β€œ dan saat ini lihatlah karena kejahatanmu sendiri negeri Alengka terbakar dan kau pun akan merasakannya. β€œ

Rahwana : β€œ tidaaaaaak !!! Β ( terbakar )

Anoman segera menjemput Sinta dan membawanya pulang bertemu Rama. Rama sudah kembali ke Kerajaannya setelah Sugriwa sembuh.

Rama : β€œ sinta !!!. Bagaimana kabarmu ?”

Sinta : β€œkabarku baik Rama, kamu juga baik kan ?”

Rama : β€œ iya aku baik Sinta . rasanya sudah lama sekali kita tidak bertemu ya. β€œ

Sinta : β€œ iya rama. Lama sekali kita tidak bertemu ( lagu Suwe ora Jamu masuk )

Rama : β€œ oh ya Anoman terimakasih atas bantuanmu membawa sinta pulang. β€œ

Anoman : β€œ Iya Rama sama2. Inilah gunanya teman. β€œ

Rama : β€œ haha.. benar2. Kau mengingatkanku akan Sugriwa. Kau bisa kembali kepada Sugriwa. Tapi sebelumnya mari kita adakan pesta tasyakuran atas kemenanganmu mengalahkan Rahwana dan berhasil membawa Sinta sahabatku dengan selamat. β€œ

Anoman : β€œ baik Rama β€œ

***** lagu anoman obong masuk *******

Β 

Β 

Β 

Β 

Β 

Β 

Β 

Β 

Β 

Kembali memulai lembaran baru :D

Yuuk kembali membuka lebaran yang baru di buku yang baru tentunya dengan sampul yang baru. Jadikan perubahan ini sebagai langkah awal kita memulai untuk selalu mengupgrade iman setiap harinya. Seseorang yang kita tunggu boleh saja pergi entah kemana, impian yang selama ini kita impikan boleh saja berlalu begitu saja tapi kehidupan ini harus tetap berlanjut. Impian harus dikejar dengan usaha dan do’a tidak hanya untuk diimpikan saja. Tak ada waktu untuk menyesali dan mengeluhkan segala hal yang sudah terjadi. Kini saatnya kita bangun dan berubah ke arah yang lebih baik. Tak ada kata terlambat untuk memulai perubahan apalagi jika perubahan itu ke arah yang lebih baik.
Ibarat buku baru yang masih mulus belum ternoda oleh goresan pensil kita akan memulai kehidupan ini kembali setelah kepenatan datang silih berganti. Sebelum terlambat yuk kita menulis kembali perjalanan hidup kita menuju cinta Allah. Kita tak pernah tahu kapan tiba giliran kita dipanggil menghadapnya.Β 
Yuuk menulis kembali dan biarkan Allah menjadi pemilik “penghapus”nya. Karena Dia yang paling tahu bagian mana yang harus dihapus Terus memperbaiki diri dan berbuat baik kepada sesama semata – mata hanya karena Allah Sang Maha Segalanya. Terus melakukan yang terbaik biarkan Dia yang memberi penilaian.Β 
πŸ™‚
Gambar
Β